19 Februari 2016

Cara Budidaya Lele Bioflok Produksi Maksimal

Cara budidaya lele bioflok menghasilkan - Walaupun ikan lele sebagai salah satu jenis ikan yang mampu hidup di berbagai media air. Namun budidaya ikan lele kurang tepat tanpa adanya perlakuan khusus tentunya tak akan mendapatkan hasil maksimal. Maka dari itu, berbagai macam cara dilakukan agar meningkatkan produksi ikan lele itu sendiri. Adapun salah satu metode tersebut adalah dengan cara budidaya ikan lele sistem bioflok.

cara membuat kolam lele bioflok,budidaya lele sistem bioflok pdf,lele bioflok pekalongan,budidaya lele bioflok 2016,budidaya lele sistem boster,budidaya lele biofloc 165,cara ternak lele bioflok,

Baca juga: Tahapan Cara Budidaya Lele Sangkuriang Hingga Pemanenan

Cara budidaya lele bioflok sendiri di nilai cukup efektif serta mampu memberikan produksi yang maksimal sehingga ikan lele yang dihasilkan lebih banyak dengan biaya produksi sedikit serta waktu yang lebih singkat tentunya dibandingkan cara budidaya lele secara konvensional. Adapun sistem budidaya ikan lele bioflok ini merupakan sebuah sistem pemeliharaan dari ikan lele melalui proses penumbuhan mikro-organisme. Hal ini bertujuan mengolah limbah hasil budidaya tersebut hingga menjadi flol-flok atau gumpalan yang kecil sebagai makanan ikan secara alami.

Dalam cara budidaya lele bioflok ini pertumbuhan dari mikro-organisme dipacu melalui pemberian kultur bakteri yang sifatnya non pathogen serta pemasangan aerator untuk menyuplai oksigen serta mengaduk air pada kolam. Cara budidaya lele bioflok tersebut sebenarnya telah dikembangkan lebih dulu di negara-negara yang maju, contohnya Australia, Brasil, Jepang dan sebagainya. Akan tetapi di Indonesia sendiri kini telah banyak yang menggunakan sistem bioflok.
cara membuat kolam lele bioflok,budidaya lele sistem bioflok pdf,lele bioflok pekalongan,budidaya lele bioflok 2016,budidaya lele sistem boster,budidaya lele biofloc 165,cara ternak lele bioflok,

Adapun Tahapan Cara Budidaya Menggunakan Sistem Bioflok

1. Proses Pembuatan Kolam

Agar lebih menghemat biaya untuk pembuatan kolam, maka kolam bisa dibuat memakai terpal dengan diperkuat rangka besi atau bambu. Pada tahapan cara budidaya lele bioflok ini ukuran pada kolam sendiri bisa disesuaikan berdasarkan lahan yang sudah tersedia. Namun bila bertujuan untuk modal dan usaha sudah cukup bisa dibuat kolam berukuran lebih besar yang kapasitas produksinya juga lebih besar. Kolam ikan ini perlu diberi atap agar menghindari paparan matahari secara langsung maupun air hujan. 

Adapun air hujan atau sinar matahari ini bisa terpapar dapat mempengaruhi kualitas air kolam sehingga tidak layak. Selain itu, perlengkapan yang perlu Anda persiapkan pada cara budidaya lele bioflok ini juga di antaranya memakai mesin aerator bertujuan meniupkan udara pada air kolam.

2. Tahap Persiapan Untuk Air Pembesaran

Jika Anda sudah melewati tahapan pembuatan kolam, selanjutnya mempersiapkan air pembesaran untuk benih ikan lele. Pada hari pertama Anda harus mengisi kolam memakai air dengan ketinggian 80 hingga 100 cm. Lalu, di hari kedua memasukkan bakteri pathogen atau probiotik sebesar 5 ml/m3. Dihari ketiga sendiri memasukkan pakan bakteri atau prebiotik berupa molase 250 ml/m3, di malam harinya menambahkan dolomite sekitar 150-200 gram/m3. Kemudian biarkan air media hingga 7-10 hari supaya mikroorganisme tumbuh baik.

cara membuat kolam lele bioflok,budidaya lele sistem bioflok pdf,lele bioflok pekalongan,budidaya lele bioflok 2016,budidaya lele sistem boster,budidaya lele biofloc 165,cara ternak lele bioflok,

3. Penebaran Benih dan Perawatan

Cara budidaya lele bioflok berikutnya adalah tahap penebaran benih dan perawatan benih. Benih dari ikan lele berkualitas tentunya berasal dari induk yang bersifat unggulan. Adapun benih dari ikan lele sehat yaitu ditandai dengan adanya gerakan aktif dari ikan lele, memiliki warna dan ukuran yang seragam, dengan organ tubuh yang lengkap berbentuk proporsional berukuran 4 sampai 7 cm. Sesudah benih ditebar, di keesokan harinya Anda bisa menambahkan probiotik.

Jika Anda sudah melalui tahapan persiapan pada cara budidaya ikan lele di atas, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tahap pemberian pakan untuk ikan lele dan juga pemberian aerasi di tiap harinya. Adapun pemberian pakan ikan wajib dikelola baik supaya mencapai produksi maksimal. Berikan pakan berkualitas, pada ukuran yang disesuaikan dengan lebar bukaan pada mulut ikan. Tahapan cara budidaya lele bioflok untuk pemberian pakan ini diberikan sebanyak 2 kali sehari yakni di pagi dan juga sore hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Lele Bioflok Produksi Maksimal