28 Februari 2016

Teknik Cara Menanam Jahe Yang Baik dan Benar Dalam Pot

Teknik Cara Menanam Jahe Yang Baik - Jahe merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang mempunyai banyak manfaat. Ada banyak jenis jahe seperti jahe merah, jahe putih, dan berbagai jenis jahe lainnya. Cara menanam jahe yang baik untuk setiap jenisnya sama saja. Bertani jahe tidak membutuhkan lahan yang luas cukup gunakan pot besar saja, Anda sudah bisa menjadi petani jahe. Cara menanam jahe yang baik di dalam pot sangatlah mudah dan praktis. Bahan yang dibutuhkan hanyalah pot berukuran besar, tanah, kompos, dan bibit jahe.

cara menanam jahe dalam karung,cara perawatan tanaman jahe,budidaya jahe merah pdf,budidaya jahe merah dalam karung,media tanam dan perawatan jahe,

Baca juga: Teknik Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah Dalam Polybag


Cara menanam jahe yang baik dimulai dengan memilih bibit yang baik pula. Bibit jahe bisa didapatkan di toko-toko pertanian. Membeli bibit jahe ini lebih disarankan untuk para pemula yang baru memulai penanaman jahenya. Sebenarnya bibit jahe bisa dibuat sendiri, namun begitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Akan lebih praktis jika bibit jahe dibeli saja di toko-toko pertanian. Bibit yang dibeli haruslah yang sudah ada akarnya dan sudah bertunas agar bisa langsung ditanam. Jika sudah mendapatkan bibitnya, maka cara menanam jahe yang baik yang selanjutnya adalah menanam bibit.

Menanam jahe tidak harus langsung di tanah, Anda bisa memanfaatkan pot atau polybag untuk menanam jahe. Cara menanam jahe di polybag ini sangatlah sederhana dan mudah. Siapkanlah polybag dengan ukuran yang besar atau kira-kira berdiameter 30 cm. Isi polybag dengan tanah yang sudah dicampur dengan kompos sampai agak penuh. Bibit jahe yang sudah bertunas cukup ditanam saja dengan cara memendam akarnya sedalam 3 sampai 5 cm. Cara menanam jahe yang baik adalah tunas harus tetap berada di permukaan. Selesai ditanam, siramlah dengan air secukupnya.

cara menanam jahe dalam karung,cara perawatan tanaman jahe,budidaya jahe merah pdf,budidaya jahe merah dalam karung,media tanam dan perawatan jahe,

Cara menanam jahe yang baik harus memperhatikan beberapa hal penting. Salah satu hal penting tersebut adalah musim. Musim tanam jahe yang baik adalah ketika udara tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin. Jahe bisa hidup pada kisaran suhu 23 sampai 26 derajat celcius. Suhu ini merupakan suhu ideal untuk menanam jahe. Pertumbuhan jahe yang ditanam dengan suhu ini akan menghasilkan jahe yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, cara menanam jahe yang baik, juga harus memperhatikan kelembaban udara. Jahe bisa tumbuh subur jika ditanam di tempat yang lembab dan teduh.

Jika udara terasa sangat terik, sebaiknya pindahkan pot atau polybag jahe ke dalam ruangan yang sejuk agar bisa tumbuh dengan baik. Cara menanam jahe yang baik selanjutnya yaitu dengan menyiram dan memberinya pupuk secara teratur. Jahe tidak perlu disiram setiap hari, cukup pastikan jahe tidak kekurangan air dan cukup nutrisinya. Pemberian nutrisi ini bisa berupa pupuk kandang ataupun kompos. Pada saat musim kemarau sebaiknya siram jahe sesering mungkin agar jahe tidak kekeringan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Cara Menanam Jahe Yang Baik dan Benar Dalam Pot