29 Februari 2016

Langkah-Langkah Cara Ternak Entok Cepat Besar

Langkah-Langkah Cara Ternak Entok Cepat Besar - Cara ternak entok cepa besar sebenarnya sama dengan budidaya peternakan lainnya seperti peternakan ayam. Entok sendiri sering disebut dengan mentok, dimana entok adalah salah satu jenis unggas yang populer hampir di seluruh wilayah Indonesia. Entok sangat populer karena bisa dibudidayakan dan sekali bertelur dan telur yang dihasilkan pun banyak. Bahkan daging mentok terkenal dengan daging yang enak dan kesat.

cara ternak entok agar cepat besar,cara ternak ayam kampung supaya cepat besar,cara ternak entok pedaging,cara beternak ayam kampung supaya cepat besar,cara beternak ayam kampung biar cepat besar,
Baca juga: Tahapan Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula Yang Mudah Dicoba

Selain itu banyak restoran yang menyajikan hidangan mentok. Sehingga banyak permintaan mentok terus meningkat dan menjadikan para ternak mentok terus berkembang. Di dalam ternak entok ini, terdapat banyak cara ternak entok cepat besar. Dan tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu rahasia dari para pengusaha ternak entok. Cara ternak entok cepat besar merupakan hal yang sangat mudah, apalagi dengan cara yang konvensional menggunakan sistem umbaran. Berikut ini beberapa langkah untuk beternak entok agar entok cepat besar dan banyak.

Langkah Langkahnya Harap Diperhatikan

1. Persiapan kandang
Cara ternak entok cepat besar yang pertama adalah dengan mempersiapkan kandang atau tempat tinggal. Dalam persiapan kandang mentok, Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Pilih atau buatlah kandang ternak entok dengan ketinggian yang cukup tinggi dan dibuat dengan menggunakan jaring yang dikombinasikan dengan bambu. Ketinggian tersebut dimaksudkan agar entok tidak dapat terbang atau lari. Selanjutnya, kandang harus dibiarkan selalu bersih, caranya dengan membersihkan kotorannya setiap hari.

cara ternak entok agar cepat besar,cara ternak ayam kampung supaya cepat besar,cara ternak entok pedaging,cara beternak ayam kampung supaya cepat besar,cara beternak ayam kampung biar cepat besar,

2. Pakan dan perawatan entok
Cara ternak entok cepat besar yang kedua adalah tempatkan induk meri atau anak entok di dalam 1 kandang yang sama sekitar 1 sampai dengan 2 hari. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar meri bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Selain itu, agar meri dapat memakan pakan yang sudah disiapkan dan induknya secara otomatis akan mengajari meri tersebut. Cara ternak entok cepat besar yang benar yaitu melengkapi kandang meri dengan menggunakan lampu dengan daya 5 sampai 10 watt. Jangan lupa juga memasukkan wadah minum karena meri sangat suka makan.
3. Vaksinasi
Cara ternak entok cepat besar selanjutnya yakni memvaksinasi entok dan juga meri. Dengan vaksinasi ini, Anda akan memperhatikan tingkat kesehatan meri yang sedang diternakkan. Tujuan vaksinasi ini adalah agar meri atau entok dapat kebal dari semua penyakit. Hal ini tentu berbeda dengan cara ternak ayam kampung supaya cepat besar. Akan tetapi dibandingkan dengan bebek, entok dikenal lebih mempunyai ketahanan tubuh yang tinggi dan sangat lebih baik tetap diberi vaksin agar tidak terkena pilek. Sebab, satu-satunya virus yang mudah menjangkit entok dan meri adalah flu dan pilek, vaksin vitachicks dapat dijadikan sebagai pilihan.

Cara ternak entok cepat besar yang bisa dilakuakan selanjutnya yakni dengan memberikan campuran konsentrat starter. Agar nafsu makan entok atau meri dapat stabil, Anda pun disarankan untuk menyediakan makanan entok atau meri tanpa menggunakan air. Dengan demikian pertumbuhan dan berat badannya akan semakin meningkat dan cepat bertelur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Cara Ternak Entok Cepat Besar