30 Maret 2016

6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga Lebat

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga Lebat - Tanaman bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang banyak disukai untuk hiasan rumah. Selain baunya yang harum, warna dari bunga ini juga sangat cantik. Tanaman bunga mawar perlu dirawat dengan benar agar berbunga dengan lebat. Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga dengan lebat bisa dilakukan dengan 6P. 6P ini yaitu penjemuran, penyiraman, pemupukan, pengendalian gulma, pengendalian hama, dan pemangkasan.
cara merawat bunga mawar agar tidak layu,cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga,cara merawat bunga mawar yang sudah dipetik,cara merawat bunga mawar dalam vas,
Baca juga: Cara Menanam Anggrek yang Benar di Rumah

Untuk Lebih Jelasnya Berikut Ini Penjelasan Ringkasnya

1. Penjemuran
Cara agar bunga mawar selalu berbunga adalah dengan penjemuran. Penjemuran dilakukan di pagi hari sebelum matahari mulai meninggi. Anda bisa menjemur tanaman mawar Anda di pagi hari sekitar jam 7 sampai dengan jam 9 pagi. Banyak orang yang masih meremehkan cara ini, padahal cara ini termasuk cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang paling efektif.

2. Penyiraman
Melakukan penyiraman secara rutin juga termasuk cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga. Penyiraman sebaiknya dilakukan di pagi hari dan sore hari. Perlu diingat, dalam proses penyiraman jangan menggunakan air terlalu banyak karena bisa membuat batang mawar membusuk.

3. Pemupukan
Pemupukan termasuk cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik maupun organik. Pupuklah tanaman bunga mawar Anda setiap dua Minggu sekali agar cepat berbunga. Pemberian pupuk juga jangan terlalu banyak karena jika terlalu banyak pupuk bunga mawar akan mati.

4. Pengendalian gulma
Gulma atau tanaman pengganggu harus dikendalikan agar bunga mawar bisa berbunga dengan lebat. Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga dengan pengendalian gulma yaitu mencabut atau membuang tanaman pengganggu seperti rumput yang ada di dalam pot mawar atau di sekitar tanaman bunga mawar.

5. Pengendalian hama
Selain mengendalikan hama, cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga adalah dengan cara pengendalian hama. Hindarkan tanaman mawar Anda dari hama seperti ulat dan hewan pengganggu lainnya. Jika ada hama yang menyerang segeralah untuk dibasmi dengan menggunakan pestisida ataupun dengan cara konvensional.

6. Pemangkasan
Pemangkasan merupakan cara merawat bunga mawar yang sudah dipetik agar berbunga lebat. Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga ini bisa dilakukan 2 sampai 3 minggu sekali. Pemangkasan dilakukan dengan tujuan agar bunga mawar bisa berbunga dengan cepat dan lebat. Semakin sedikit batang mawar, maka proses pembentukan bunga semakin cepat dan banyak.

cara merawat bunga mawar agar tidak layu,cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga,cara merawat bunga mawar yang sudah dipetik,cara merawat bunga mawar dalam vas,

6P merupakan cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang paling efektif. Lakukanlah keenam cara di atas maka bunga mawar yang Anda tanam akan sering berbunga dengan lebat. Kecantikan dari bunga mawar ini memang banyak menarik orang untuk menanamnya. Bunga mawar bisa membuat pekarangan rumah Anda semakin indah dan asri, apalagi jika warna dari bunga mawar bisa dibuat beragam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga Lebat