8 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Menguntungkan - Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan menguntungkan. Ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki banyak sekali penggemar. Tekstur daging ikan gurame ini dapat dikatakan sangat lembut dan juga memiliki daging yang sangat tebal sehingga sangat memuaskan ketika mengkonsumsinya. Namun, harganya yang cukup mahal ini memang membuat banyak orang akan berpikir ulang untuk mengkonsumsinya. Tidak heran jika akhirnya banyak sekali orang-orang yang membudidayakannya.

cara budidaya ikan gurame di kolam tanah,cara budidaya ikan gurame di akuarium,cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,cara budidaya ikan gurame dari telur,makanan ikan gurame yang bagus,
Baca juga: Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan bibit ikan gurame yang nantinya akan dibesarkan di kolam tembok atau kolam tanah. Cara budidaya ikan gurame kolam tanah memang sebaiknya digunakan untuk lokasi pembiakan. Karena struktur tanah sendiri akan membantu ikan gurame untuk mendapatkan makanan secara alami dibandingkan dengan menggunakan kolam terpal atau tembok.

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mencari bibit ikan gurame yang tepat. Sebaiknya Anda menggunakan bibit ikan gurame yang memiliki bobot 100 gram dan juga sudah berumur 1 tahun sehingga akan lebih cepat dipanen. Belum lagi sebaiknya Anda menjaga bobot ikan gurame hingga mencapai target panen pada bobot 500 gram atau yang sudah berumur 6 hingga 7 bulan setelah Anda rawat.

cara budidaya ikan gurame di kolam tanah,cara budidaya ikan gurame di akuarium,cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,cara budidaya ikan gurame dari telur,makanan ikan gurame yang bagus,

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar memang merupakan salah satu harapan dari para pembudidaya ikan gurame. Tidak mengherankan jika banyak sekali pemberian pakan ikan gurame yang mengandung nutrisi yang sangat membantu membuat ikan menjadi lebih cepat besar. Makanan ikan gurame yang bagus memang memerlukan campuran unsur protein nabati dan juga protein hewani.

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar menggunakan pakan yang merupakan campuran protein hewani dan juga protein nabati memang akan membantu ikan gurame untuk dapat tumbuh lebih besar. Pakan yang mengandung protein hewani memang seharusnya diberi lebih banyak dibandingkan protein nabati. Anda dapat menggunakan campuran sebesar 25% atau lebih untuk protein hewaninya.

cara budidaya ikan gurame di kolam tanah,cara budidaya ikan gurame di akuarium,cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,cara budidaya ikan gurame dari telur,makanan ikan gurame yang bagus,

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar tahap selanjutnya adalah memastikan agar ikan gurame ketika diberi pakan tidak saling berebut sehingga mengurangi risiko tubuh ikan gurame akan lecet-lecet. Mengingat karakteristik dari ikan gurame yang merupakan ikan karnivora tentu saja membuat Anda harus tepat dalam memberikan pakan. Jangan sampai membuat ikan gurame lainnya menjadi kekurangan makanan. 

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar pada tahap perawatan memang perlu diperhatikan. Karena ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang mudah terkena jamur. Anda cukup merendam ikan gurame yang terkena jamur dengan menggunakan air garam dapur selama satu jam untuk membuat jamurnya mengelupas dari tubuh ikan gurame milik Anda. 

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar memang membutuhkan ketelatenan dalam proses perawatannya. Terlebih lagi jika ada ikan gurame yang terserang jamur maka akan membutuhkan perhatian ekstra agar ikan gurame yang lainnya tidak terserang jamur juga. Harga jualnya yang cukup tinggi memang menjadikan budidaya ikan gurame ini menjadi salah satu alternatif budidaya yang mudah dilakukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Menguntungkan