23 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Untuk Samping Rumah

Cara budidaya ikan mas di kolam terpal merupakan salah satu cara termudah dalam membudidayakan ikan emas untuk hiasan. Seperti yang diketahui bahwa ikan emas merupakan salah satu ikan hias sekaligus ikan konsumsi yang cukup mudah dalam hal pembudidayaannya. Ikan emas untuk khusus hiasan bisa dibudidayakan dengan berbagai jenis cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan kolam terpal. Cara budidaya ikan mas di kolam terpal ini termasuk cara budidaya yang paling muda h dan umum dilakukan untuk para pemula yang ingin memulai budidaya ikan emas ini.

kolam ikan mas di rumah,budidaya ikan mas di kolam beton,ternak ikan mas di kolam rumah,cara membudidayakan ikan mas,teknik budidaya ikan mas,cara memelihara ikan mas di kolam tanah,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Molly Balon Hiasan Aquarium

Untuk Anda para pemula yang akan mencoba usaha budidaya ikan emas ini maka langkah dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal ini diantaranya.

Langkah Persiapan Dalam Membudidayakan

1. Persiapan kolam
kolam ikan mas di rumah,budidaya ikan mas di kolam beton,ternak ikan mas di kolam rumah,cara membudidayakan ikan mas,teknik budidaya ikan mas,cara memelihara ikan mas di kolam tanah,

Cara membudidayakan ikan mas di kolam terpal pada langkah pertama yaitu mempersiapkan kolam yang akan digunakan untuk budidaya. Anda harus membuat kolam dengan menggunakan terpal yang tebal agar tidak mudah robek. Agar bisa dibuat dan dibentuk dengan bagus maka untuk membuat kolam ini perlu dialasi dengan bambu atau lempeng. Alas ini bisa memperkuat kolam sehingga kolam tidak mudah rusak.

2. Pembibitan
Setelah kolam terpal jadi, maka langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal yaitu pembibitan. Bibit ikan mas hias bisa didapatkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu pembibitan sendiri. Untuk membibit ikan mas sendiri maka Anda memerlukan induk ikan mas yang berkualitas. Biasanya bagi para pemula bibit ikan mas ini dibeli di berbagai toko peternakan. Jika budidaya ikan mas ini sudah berlangsung lama maka cara pembibitan ikan mas bisa dilakukan secara mandiri.

3. Pemeliharaan
Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal adalah melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan atau perawatan ikan mas’ ini meliputi pemberian makanan dan pembersihan kolam. Untuk ikan mas’ hias makanan yang diberikan bisa berupa pelet atau jenis makanan ikan yang lainnya. Teknik budidaya ikan mas yang tepat harus memperhatikan proses pemeliharaan ini termasuk pemberian pakan.

4. Pemanenan
Langkah terakhir dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal adalah memanen ikan mas. Ikan hias mas yang sudah memenuhi ukuran tertentu bisa langsung dipanen kemudian dijual di pasar-pasar tradisional ataupun dipasarkan secara online. Pemanenan ikan mas ini bisa dilakukan secara berkala sesuai dengan ukuran badan sang ikan.

kolam ikan mas di rumah,budidaya ikan mas di kolam beton,ternak ikan mas di kolam rumah,cara membudidayakan ikan mas,teknik budidaya ikan mas,cara memelihara ikan mas di kolam tanah,


Dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal ini yang paling penting dari semuanya adalah proses pemeliharaannya. Pada proses pemeliharaan ikan emas sebagai ikan hias harus dilakukan dengan cara yang paling tepat terutama dalam hal air. Kualitas air dari kolam ikan emas ini harus benar-benar dijaga agar tetap jernih agar ikan emas terhindar dari berbagai macam penyakit. Bersihkanlah kolam terpal sesering mungkin dari kotoran-kotoran agar tidak menimbulkan masalah pada ikan emas yang Anda budidayakan. Selamat mencoba cara budidaya ikan mas di kolam terpal ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Untuk Samping Rumah