30 Maret 2016

Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium dengan Baik dan Benar

Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium dengan Baik dan Benar - Akuarium masih menjadi hiasan yang disukai banyak orang. Ada beragam ikan hias yang bisa dijadikan peliharaan di kolam akuarium. Sejak dulu sampai sekarang memang masih selalu ada yang menyukai kolam kecil layaknya akuarium ini. Cara memelihara ikan hias di akuarium haruslah diperhatikan, hal ini terkait dengan kualitas hidup ikan dan harapan hidup. Tidak jarang banyak orang yang membeli ikan hias dengan uang yang tidak sedikit ujung-ujungnya ikan tersebut cepat mati, dikarenakan perawatan yang kurang tepat. Terlebih kurangnya informasi mengenai cara memelihara ikan hias di akuarium yang tepat.

Pada dasarnya, cara memelihara ikan hias dalam akuarium serta merawat ikan tersebut tidak sesulit yang dibayangkan, Anda hanya perlu kemauan dan konsisten saja. Berikut ini yang harus Anda perhatikan:
• Memilih akuarium
Cara memelihara ikan hias di akuarium yang pertama adalah dengan memilih ukuran akuarium yang akan diletakkan di dalam rumah, baik itu di ruang tamu, ruang keluarga, bahkan di kamar pribadi. Pilihlah ukuran yang nantinya akan disesuaikan dengan banyaknya ikan hias yang akan dipelihara. Jangan sampai memilih akuarium kecil tetapi nanti diisi ikan banyak, tentu ikan-ikan tidak mempunyai ruang yang cukup untuk kehidupannya. Intinya, pilihlah ukuran akuarium sesuai kebutuhan.
• Memilih bibit ikan yang baik
Di dalam memilih ikan hias yang akan dipelihara, jangan sembarangan memilih bibit ikan, karena akan mempengaruhi apakah ikan tersebut mampu bertahan hidup lama, apakah predator, makanannya sulit atau tidak, dan sebagainya. Cara memelihara ikan hias di akuarium dengan memilih ikan yang baik terkait dengan kualitas ikan tersebut.
• Masukkan air bersih 
Air yang digunakan pada akuarium haruslah air yang bersih. Air yang bersih mampu menyediakan oksigen yang cukup bagi ikan-ikan. Sebagai cara merawat ikan hias kecil sebaiknya tidak meletakkan ikan predator satu kolam dengan ikan kecil, karena nantinya ikan-ikan kecil akan kalah dan dimakan. Cara memelihara ikan hias di akuarium dengan selalu dan secepatnya mengganti air jika sudah kotor.
• Memberi makan yang teratur
Nah, ini dia salah satu cara memelihara ikan hias di akuarium yang tidak boleh dilupakan. Memberi makan ikan-ikan di akuarium adalah suatu keharusan, karena mereka tidak dapat mencari makan sendiri seperti layaknya di alam bebas, maka pemberian makan tergantung pada kita. Memberi makan bisa dilakukan dua kali atau tiga kali dengan jumlah pakan secukupnya, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.
cara memelihara ikan hias di akuarium kecil,cara memelihara ikan hias di akuarium bulat,cara memelihara ikan dalam akuarium,makanan ikan hias aquarium,cara merawat ikan hias air tawar,

Itulah beberapa cara memelihara ikan hias di akuarium yang tepat, mulai dari penyiapan akuarium sampai dengan perawatannya. Ketika ikan sedang sakit, akan lebih baik jika dipisahkan dari ikan-ikan lainnya sehingga tidak menular pada ikan-ikan lainnya. Cara memelihara ikan hias di akuarium tersebut cukup mudah, asalkan dipraktekkan dengan tepat dan teratur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium dengan Baik dan Benar