19 Maret 2016

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah sering disebut juga oleh banyak orang sebagai tabulampot buah naga. Teknik penanaman seperti ini bertujuan untuk membuat tanaman berukuran tidak terlalu besar di dalam pot, tetapi sudah mampu berbuah banyak. Supaya lebih paham berikut tahapan mengenai cara membudidayakan buah naga dalam pot agar cepat berbuah.

perawatan buah naga agar cepat berbuah,menanam buah naga agar cepat berbuah,cara menanam buah naga agar cepat berbuah,cara merawat buah naga agar cepat berbuah,agar buah naga berbuah terus,
Baca juga: Tips dan Trik Cara Membuat Bibit Jamur Tiram Dari Jagung

Berikut Persiapan Budidaya Buah Naga Dalam Pot

1. Menyediakan pot
Langkah awal cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah adalah penyiapan pot sebagai tempat penanaman. Anda bisa menggunakan pot yang terbuat dari semen, tanah liat, atau plastik. Namun, akan lebih baik jika menggunakan pot yang berasal dari tanah liat karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu antara siang dan malam.
2. Menyediakan tiang panjatan
Tanaman buah naga sangat membutuhkan tiang panjatan supaya tanaman tidak mudah goyah dan roboh. Ini merupakan salah satu metode yang perlu Anda lakukan dalam cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah. Tiang panjatan yang ditancapkan di dalam pot akan dililit oleh akar dan menjadi penopang beberapa cabang berat yang nantinya akan menghasilkan buah.

Karena itu, tiang panjatan sebaiknya terbuat dari besi baja berdiameter sekitar 8 cm dan tingginya kurang lebih 200 cm atau disesuaikan dengan besarnya pot. Selain itu, tanaman buah naga sanggup hidup hingga puluhan tahun, sehingga pot yang Anda gunakan diusahakan pot tanah liat yang benar-benar kuat. Kesuksesan cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah juga dipengaruhi pada metode ini.
3. Media tanam

perawatan buah naga agar cepat berbuah,menanam buah naga agar cepat berbuah,cara menanam buah naga agar cepat berbuah,cara merawat buah naga agar cepat berbuah,agar buah naga berbuah terus,
Setelah Anda menyiapkan tiang penyangga, cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah selanjutnya adalah media tanamnya. Anda bisa membuat media tanam dengan campuran pasir, tanah dan pupuk kandang. Perbandingannya untuk jumlah tanah harus 2 kali lebih banyak dibanding pasir dan pupuk dan disesuaikan dengan besarnya pot yang Anda gunakan. Kemudian air disiram hingga basah dan diamkan selam sehari.
4. Pemilihan bibit
Bibit yang berkualitas sebaiknya Anda dapatkan dari batang yang sudah tua dan besar serta bebas dari penyakit. Panjang bibit yang akan ditanam biasanya setinggi 30 cm, kemudian ditanam pada sekitar tiang penyangga dengan kedalaman tanam 10 cm. Cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah tahap selanjutnya, yaitu menyirami tanaman tersebut dan meletakkannya ke tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
5. Pemeliharaan tanaman
Cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah tidak luput dari langkah pemeliharaannya. Pemeliharaan tanaman ini meliputi pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan cabang yang tidak berguna. Di samping itu, Anda juga harus memastikan bahwa tanaman buah naga menempel baik pada tiang penyangga. Seiring bertambah besarnya ukuran tanaman, sebaiknya Anda mengikat buah naga ke tiang panjatan menggunakan tali.

Itulah tahap-tahap cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah. Dengan mengikuti cara pemeliharaan buah naga dalam pot agar cepat berbuah diatas, kemungkinan besar tanaman yang Anda pelihara akan membuahkan hasil. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah