28 Maret 2016

Ini Dia Tips Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar

Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar - Cara menanam jagung manis yang baik dan benar menjadi salah satu cara bercocok tanam yang cukup banyak dicari. Pasalnya, jagung manis memiliki prospek yang cukup tinggi karena banyak orang yang menyukainya. Tidak harus dijual, untuk dikonsumsi sendiri jagung manis memang merupakan salah satu tanaman yang banyak diminati. Jika Anda belum tahu bagaimana cara menanam jagung manis yang baik dan benar, simak secara lengkap pembahasan berikut. Bagi petani jagung, menanam jagung adalah pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Para petani biasanya mengetahui cara penanaman yang benar. 

cara menanam jagung manis bonanza f1,cara menanam jagung manis yang baik dan benar,cara menanam jagung manis di polybag,cara menanam jagung manis bonanza,cara menanam jagung manis talenta,
Baca juga: Tips Cara Ternak Cucak Ijo Sangkar Gantung Dengan Benar
Namun bagi orang-orang yang tidak pernah menanam jagung tentu mengetahui bagaimana cara menanam jagung manis yang baik dan benar. Sekalipun ada, mungkin hanya beberapa orang saja dan tentunya belum pernah mempraktekkannya secara langsung. Jagung sendiri merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam. Di Indonesia sendiri, cara menanam jagung manis yang baik dan benar yaitu dengan tingkat keasaman tanah 5 sampai 8 pH. Jika kurang dari 5 pH biasanya tanaman jagung manis akan sulit tumbuh subur dan harus diberi pupuk untuk menyuburkan tanaman.

Berikut ini Ada Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Menanam Jagung Manis yg Baik dan Benar

1. Lahan
Biasanya penanaman jagung adalah menggunakan lahan bekas sawah, sebaiknya dibuat bedengan untuk lahan yang terlalu becek. Berilah jarak yang cukup antara bedengan yang satu dengan yang lain, kurang lebih 30 cm.
2. Pemupukan
Cara menanam jagung manis yang baik dan benar selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pemupukan. Sebelum ditanami jagung manis sebaiknya tanah diberi pupuk, yaitu campuran antara pupuk organik dan juga pupuk kompos.
3. Penanaman bibit
Penanaman jagung manis yang paling efektif umumnya adalah dengan cara ditugal. Yaitu dengan membuat lubang sedalam 2 sampai 3 cm, setelah itu masukkan bibit jagung berupa butir jagung. Masukkan 2 sampai 3 butir lalu tutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos. Cara menanam jagung manis yang baik dan benar berikutnya yaitu menyiram tanah dengan air untuk menjaga kelembaban tanah.
4. Perawatan
Perawatan jagung manis biasanya lebih sulit dibandingkan jenis jagung lainnya. Tanaman jagung manis mudah diserang hama, tingkat kegagalan panen lebih tinggi dibanding jenis jagung lainnya. Jangan hanya memperhatikan cara menanam jagung manis yang baik dan benar, tetapi berikan juga perawatan yang tepat. Sebaiknya lakukan pengendalian hama secara tepat dan berikan pupuk secara berkala. 

cara menanam jagung manis bonanza f1,cara menanam jagung manis yang baik dan benar,cara menanam jagung manis di polybag,cara menanam jagung manis bonanza,cara menanam jagung manis talenta,

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, tidak ada salahnya Anda mencoba budidaya jagung manis yang baik dan benar. Dengan begitu, Anda dapat menikmati jagung manis hasil panen sendiri, tidak harus membelinya di pasar. Gunakanlah bibit unggul, Anda dapat membelinya di pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Pada usia 50 hari biasanya tanaman jagung mulai berbunga, dan pada usia 65 sampai 75 hari sudah dapat dipanen. Itulah yang dapat dibagikan mengenai cara menanam jagung manis yang baik dan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia Tips Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar