30 Maret 2016

Bahan dan Cara Tanam Bawang Putih di Dalam Pot

Bahan dan Cara Tanam Bawang Putih di Dalam Pot - Bawang putih termasuk jenis umbi yang setiap harinya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Pada kesempatan ini, tidak akan dibahas mengenai bawang putih secara umum tapi akan membahas bagaimana cara tanam bawang putih. Menanam bawang putih bisa dilakukan dimana saja termasuk di dalam pot. Penanaman bawang putih di dalam pot ini merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk Anda yang tidak mempunyai lahan untuk bertanam bawang putih. Cara tanam bawang putih dalam pot cukup mudah dan sederhana serta minim lahan. 

tanam bawang putih di polybag,cara budidaya bawang putih dalam polybag,cara tanam bawang putih di polybag,cara tanam bawang putih tunggal,cara tanam bawang merah,makalah budidaya bawang putih,
Baca juga: 6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga Lebat

BahanYang Anda Butuhkan Untuk Menanam Bawang Putih Dalam Pot

• Bawang putih yang sudah bertunas
• Tanah
• Pasir
• Pupuk kandang
• Pot atau polybag
Bahan utama dalam cara tanam bawang putih di dalam pot adalah bawang putih yang sudah bertunas. Untuk mendapatkan bawang putih yang sudah keluar tunasnya tidak perlu membelinya di toko pertanian karena Anda bisa membuatnya sendiri. Cara tanam bawang putih untuk mendapatkan bibit atau tunas bawang putih cukup dengan cara menyimpan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam lemari es atau tempat yang sejuk. Diamkan saja selama satu minggu dan tunas akan muncul dengan sendirinya.

Jika tunas bawang putih sudah siap maka langkah selanjutnya dalam cara tanam bawang putih dalam pot adalah menyiapkan pot. Pot bisa diganti dengan menggunakan polybag yang bawahnya sudah dilubangi. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara budidaya bawang putih dalam polybag.

Berikut Ini Langkah-Langkahnya

1. Siapkanlah media yang akan digunakan untuk menanam bawang putih yaitu tanah. Tanah yang digunakan sebaiknya dicampur dengan pasir dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1. Campuran tanah dan pasir ini merupakan media terbaik untuk menanam bawang putih. Bawang putih bisa tumbuh subur di media seperti ini. Hindari menanam bawang putih di tanah yang liat karena bawang putih tidak akan tumbuh.

2. Tanam bawang putih di polybag dengan cara memasukkan bawang putih yang bertunas ke dalam tanah di polybag sedalam 5 cm. Dalam cara tanam bawang putih ini pastikan jika tunas menghadap ke atas agar pertumbuhannya tidak miring. Kemudian tutuplah tunas bawang putih dengan campuran tanah tadi. Biarkan ujung tunas bawang putih tidak terkubur.

3. Cara tanam bawang putih yang selanjutnya adalah menyirami tunas bawang putih. Lakukan penyiraman secara rutin dua kali sehari. Jangan biarkan bawang putih kekeringan dan terlalu becek. Cukup siram bawang putih secukupnya saja.

tanam bawang putih di polybag,cara budidaya bawang putih dalam polybag,cara tanam bawang putih di polybag,cara tanam bawang putih tunggal,cara tanam bawang merah,makalah budidaya bawang putih,

Disarankan untuk Anda yang ingin menanam bawang putih sebaiknya pada saat musim panas. Bawang putih akan tumbuh dengan subur ketika musim panas karena bawang putih dalam pertumbuhannya membutuhkan banyak sinar matahari. Agar bawang putih tumbuh subur, sebaiknya letakkan di luar ruangan yang banyak terkena sinar matahari. Selamat mencoba cara tanam bawang putih dalam pot di rumah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahan dan Cara Tanam Bawang Putih di Dalam Pot